Kita di Bawah Payung yang Sama

Tak kenal makanya tak sayang…

Syair ini sering terdengar mengaung seantero Nusantara dan dijadikan lagu salam perkenalan dalam sebuah perjumpaan. Lewat sebuah perjumpaanlah terjadi perkenalan dan saling bercerita tentang kekurangan dan kelebihan masing-masing hingga kemudian benih-benih keakraban muncul dan berbuah kasih sayang.

Nah, berbicara tentang perkenalan, sebuah pertanyaan muncul dari benak saya, apakah kita benar-benar mengenal Aceh dan menyayanginya? Atau ia hanya sebuah nama yang hanya kita sebut-sebut namanya saja tanpa kita kenali latar belakang dan sejarahnya?

Lewat tulisan ini, saya mengajak para sahabat untuk mengenal Aceh lebih dalam, terutama berkaitan dengan budaya dan suku-suku di dalamnya.

Kawan-kawan, berdasarkan buku terbitan Dinas Kebudayaan Aceh, daerah kita merupakan daerah yang unik karena ada 8 etnis yang mendiaminya. Etnis-etnis itu, yaitu Aceh, Alas, Aneuk Jamee, Gayo, Kluet, Simeulu, Singkil, dan Tamiang yang mempunyai sejarah asal-usul dan kebudayaan yang berbeda-beda.

Tidak dipungkiri, kadang perbedaan itu sering dijadikan alasan untuk bersikap tidak adil dan menzalimi etnis lain. Namun, ada yang patut kita pertanyakan, apakah mencintai etnis sendiri berarti harus mendiskriminasi etnis lain? Tidak kawan-kawan! Kesopanan dan sikap kita terhadap etnis lain adalah cerminan dari sikap dan etika etnis kita sendiri. Bersikap lah dengan baik dan jangan membeda-bedakan orang lain karena latar belakangnya. Bukti bahwa kita mengenal dan menyayangi Aceh adalah ketika kita menyadari bahwa Aceh merupakan daerah yang komposisi penduduknya yang berbeda-beda. Ingat, kita berada di bawah payung yang sama, Aceh tercinta.


Penulis: Junaidah Munawarah (Facebook)

About Rachmat

Akun Gravatar Rachmat • Pengguna Windows & penyuka permainan FSX • Suka naik kereta api • Penggemar Person of Interest.

1 thought on “Kita di Bawah Payung yang Sama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s