Khang Alas Pake Bahase Alas

166030_444373515639805_1371007071_nWalupe mlet ku ukhok bahase Aceh, tatap aku nde khang Aceh, Aku bangge tebeken kebekhagamen nde, aku cinte Aceh.

Aceh Tenggara adalah tempat tinggal dan asal saya. Dua generasi dari keturunan saya menetap di daerah ini. Saya merasa bahwa Aceh Tenggara merupakan tempat warisan alam yang banyak mengandung potensi alam. Pegunungan Bukit Barisan yang telah menjadi daerah Cagar Alam Nasional menjadi daya tarik tersendiri di daerah kami. Aceh Tenggara terletak di paling ujung dan paling jauh jaraknya dari pusat kota Banda Aceh. Bahasa yang digunakan disini adalah bahasa Alas dan Batak.

Saya sangat bangga dengan asal saya, karena saya merasa Aceh Tenggara adalah salah satu bagian dari Aceh selain kota Banda Aceh. Dulunya saya beranggapan bahwa Aceh itu cuman ada dua yaitu Aceh Tenggara dan Kota Banda Aceh. Setelah saya masuk sekolah, tepatnya di kelas 3 SD, saya baru mengetahui bahwa Aceh itu banyak dan beragam serta bahasa yang digunakan ternyata juga berbeda. Saya menyadari bahwa saya sangat jauh ketinggalan dalam hal bahasa khususnya bahasa Aceh, sebagai bahasa mayoritas suku Aceh pada umumnya.

Ketika saya menempuh pendidikan di Banda Aceh, saya sangat sulit berinteraksi dengan mereka yang menggunakan bahasa Aceh. Beban ini semakin berat dikala benar-benar sendiri tanpa ada seseorang mendampingi saya untuk menerjemahkan bahasa tersebut. Di saat ada orang bertanya kepada saya, saya hanya bisa menggelengkan dan menganggukkan kepala sambil bilang, “Loen bukan orang Aceh”. Padahal saya berasal dari Aceh. Terkadang saya malu kepada diri sendiri dan orang lain terkait ketidakmampuan saya berbahasa Aceh. Tetapi apa hendak diucap, semua ini adalah keberagaman budaya Aceh. Saya patut berbangga dengan keberagaman ini, sehingga saya bisa berbagi pengalaman kepada teman-teman yang berasal dari suku lainnya di Aceh.
Di masa Sekolah Dasar saya tidak pernah mendapatkan mata pelajaran bahasa Aceh. Sehingga pemahaman saya pada saat itu bahwa bahasa Alas adalah bahasa Aceh yang sesungguhnya. “Khang Alas” dalam bahasa indonesia artinya orang Alas. Berarti khang Alas adalah penduduk yang berdomisili di Tanoh Alas dengan menggunakan bahasa Alas pula.

Sekarang saya sudah 6 semester menjalani perkuliahan, dan tentunya sudah 3 tahun di Kota Banda Aceh, tetap saja saya belum bisa berbahasa Aceh selayaknya orang Aceh. Pelafalannya yang tidak jelas dan pengucapan kata-kata terlalu fasih, membuat saya susah untuk mengikuti dan mempelajarinya. Maklum lidah ini terbiasa dengan bahasa Alas. Pernah terlintas di benak saya ingin mendapatkan pasangan yang bisa berbahsa Aceh, agar bisa berbahasa dan berinteraksi dengan dia, hitung-hitung bisa private bahasa Aceh gratis. Hehehe.

Sangat rugi rasanya jika berbagai budaya dan bahasa di Aceh tidak diketahui oleh warga Aceh itu sendiri termasuk saya. Kebanyakan anak muda zaman sekarang lebih tertarik untuk mempelajari bahasa luar, sehingga akan ditakutkan nantinya bahasa dan budaya kita akan hilang ditelan zaman. Sebagai generasi muda Aceh hendaknya turut menjaga dan melestarikan bahasa dan keberagaman budaya Aceh. “Kalau bukan kita yang menjaganya siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?”. Terus semangat untuk belajar bahasa Aceh tidak ada istilah “Loen hanjeut bahsa Aceh,” tetapi “Loen jeut bahsa Aceh, loen aneuk Aceh.“Walupe mlet ku ukhok bahase Aceh, tatap aku nde khang Aceh, Aku bangge tebeken kebekhagamen nde, aku cinte Aceh.”

Ini kisahku, apa kisahmu?


Penulis: Try Imaika Rangke, khang Alas
Editor: Yelli Sustarina

About Rachmat

Akun Gravatar Rachmat • Pengguna Windows & penyuka permainan FSX • Suka naik kereta api • Penggemar Person of Interest.

3 thoughts on “Khang Alas Pake Bahase Alas

      1. waduh artikel apa ya kira-kira, coba buka2 arsip di blog OWL barangkali ada yg menarik bisa aja diadopsi 😀 *maklum masih sedikit banyak trafik deadline nih 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s